Minggu, 24 April 2016

Ganti Oli Mobil

CARA  Pelumasan, Perawatan dan Penggantian Oli

1.Pilih perkakas/perlengkapan yang diperlukan : (dapat termasuk)
·    Filter oli pengganti (filter oli baru)
·    Kunci pas untuk melepas bak oli, gear box, dan baut differential.
·    Pompa Vet
·    Wadah untuk oli (oli mesin baru, gear box, danoli differential).
·    Tutup pelindung.
Catatan : Perkakas/perlengkapan tambahan mungkin diperlukan.
2.    Hidupkan mesin selama lima menit, jika mesin belum dipanaskan sama sekali. (Gunakan rem tangan, perseneling posisi parkir pada transmisi otomatis, atau netral pada transmisi manual).
3.    Arahkan mobil ke lift dengan hati-hati.
Dua tiang :
·   Luruskan mobil dan arahkan di tengah landaian.
·   Lepaskan kap mobil (tempatkan pelindung pada kedua pelindung).
·   Carilah filter oli.
·   Gigi pada posisi netral dan rem tangan tidak ditarik.
·   Arahkan pedal kontak hoist pada titik angkat mobil.
·   Naikkan hoist sampai pedal kontaknya menyentuh sisi bawah mobil. PERIKSA APAKAH SUDAH TEPAT POSISINYA SEBELUM MENGANGKAT KENDARAAN.
·   Angkat kendaraan sampai rodanya tidak menyentuh tanah/lantai, periksa keseimbangannya.
·   Naikkan mobil sampai aman untuk bekerja di bawahnya, gunakan alat pengaman dari hoist.
Empat tiang :
·   Luruskan mobil dan arahkan ke dalam landaian dengan hati-hati.
·   Periksa keempat roda apakah sudah tepat di tengah landaian.
·   Pastikan rem tangan tidak ditarik dan gigi kendaraan netral.
·   Ganjal roda depan dan belakang.
·   Lepaskan kap mesin (tempatkan tutup pelindung pada kedua pelindung).
·   Carilah Filter oli (kendorkan bila perlu).
·   Angkat hoist sampai aman untuk bekerja di bawahnya. GUNAKAN ALAT PENGAMAN.
4.    Tempatkan wadah oli di bawah bak mesin. Lepaskan tutup bak dengan kunci pas yang tepat. HATI-HATI OLI YANG MASIH PANAS. Jangan memasukkan tutup bak mesin pada wadah oli. Periksa kondisi tutup bak mesin dan pembersih seal (ganti bila perlu).
5.    Selama oli dikuras, periksa bak roda gigi (manual) dan lihat jumlah minyaknya. Untuk memeriksa minyak transmisi otomatis, kendaraan harus lebih rendah dan diperiksa dari bawah kap mesin.
Catatan : Pemeriksaan bak roda gigi dan sambungannya merupakan pemeriksaan akhir, bukan pemeriksaan awal.
6.    Pemeriksaan oli bak roda gigi (transmisi manual) :
·         Lepaskan tutup bak oli roda gigi.
·         Tempatkan ukuran jumlah oli pada lubang pengisiannya.
·         Jika oli terlihat pada pengukur-jumlahnya sesuai.
·         Jika tidak ada oli yang terlihat, tambahkan sampai jumlahnya sesuai.
·         Gunakan oli menurut yang ditentukan pabrik kendaraannya.
·         JANGAN MELEBIHI BATAS PENGISIAN.
7.    Ulangi dengan prosedur yang sama untuk differential.
8.    Periksa semua bagian yang dapat dilepas untuk diberi pelumas. Beberapa mobil memiliki baut tap yang erat daripada nipel pelumas, pelumas harus dihilangkan. Ganti penutup setelah dilumasi.
a.    Kira-kira dua pompaan vet.
b.    Dimana mobil jarang diberikan vet secara teratur diperlukan lebih dari dua pemompaan pelumas.
JANGAN memberi vet bagian belakang rem, karena lubang nipel rem dipakai untuk melakukan bleeding (membuang udara pada sistem rem).
9.    Lepaskan serabut tutup pembuangan oli mesin bila perlu.
10.  Kencangkan tutup pembuangan oli mesin (Eratkan-tapi jangan terlalu).
11.  Lepaskan filter dengan alat khusus dan-biarkan oli mengalir melalui lubang pembuangan.
12.  Oli akan mengotori ring seal. Bersihkan bantalan filter dan seal yang sudah lama diganti.
13.  Pasang filter baru.
1.    Kencangkan dengan tangan.
2.    Eratkan dengan  putaran per instruksi pada filter.
14.  Periksa bagian bawah mobil dari keausan atau kekendoran bautnya, misalnya sistem pembuangan, Universal-joint, kabel rem, dan sebagainya. PERHATIKAN DAN CATAT BAGIAN-BAGIAN YANG CACAT.
15.  Pindahkan semua perkakas/perlengkapan dari bawah hoist. Turunkan mobil.
16.  JANGAN MENCOBA MENGHIDUPKAN MOBIL.
17.  Periksa ketepatan oli mesin dan jumlahnya dengan MENGGUNAKAN BAGAN PEMERIKSAAN atau spesifikasi pembuatnya. Jangan terlalu banyak mengisi oli. JIKA DIPERLUKAN diperbolehkan melebihkan oli pada filter oli.
18.  Buka tutup oli mesin dan isi mesin dengan oli, biarkan oli mengalir ke dalam bak oli dan lihat jumlah dengan dipstick.
19.  Nyalakan mesin, lampu oli dan pengukur tekanan oli harus berfungsi selama 10 detik setelah dihidupkan. Jika tidak, matikan mesin-periksa.
20.  Jika tekanan oli baik, hidupkan mesin selama kira-kira 2 menit; matikan-biarkan selama 2 menit-periksa jumlah oli dengan dipstick. Periksa daerah sekeliling filter oli dari kebocoran.
21.  Periksa air radiator -lepaskan tutup radiator pelan-pelan. Isi seperlunya. Jika kurang lihat tanda-tanda kebocoran/tekanan ujilah sitem pendinginan tersebut.
PERIKSA :
·   Karat yang menempel pada radiator atau mesin.
·   Kebocoran hose radiator.
·   Keretakan hose air.
·   Air yang bercampur karat dalam radiator.
·   Periksa tutup radiator secara visual dan dengan pengukur tekanan.
22.  Periksa jumlah minyak rem. JIKA RENDAH, buat catatan bagi mekanik yang memenuhi syarat untuk memeriksa kemungkinan penyebabnya.
CATATAN : JANGAN MEMBAWA MINYAK REM KE TEMPAT PENGECATAN.
23.  Periksa cairan elektrolit pada accu, isi dengan air suling seperlunya. Juga periksa terminal accu dari korosi (bersihkan bila perlu).
24.  Isi pembersih kaca depan mobil seperlunya.
25.  Lumasi kunci pintu, plat engsel.
26.  Periksa tekanan ban-termasuk ban serep. Sesuaikan tekanan dengan ketentuan yang tercetak pada ban.
27.  Periksa cara kerja SEMUA lampu.
28.  Periksa cara kerja wiper/pembersih (depan dan belakang, jika perlu)
29.  Pastikan semua pedal karet dalam kondisi baik.
30.  Berikan stiker servis untuk servis berikutnya.
31.  Segera bersihkan kendaraan pelanggan.
·   Termasuk mengosongkan asbak (memberikan pewangi).
·   Membersihkan karpet depan.

·   Membersihkan kaca depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar