Servis Mobil Dengan Rutin
Service
Berkala
Jadual servis kendaraan dapat ditemukan dalam buku
catatan servis yang diberikan pabrik pembuat kendaraan. “Panduan Peraturan”
pada kendaraan baru biasanya diservis setelah jarak 10.000 km atau 6 bulan
sekali.(menurut angka resmi buku manual). Sedangkan pada kendaraan lama dengan
mesin sudah terpakai seharusnya oli diganti lebih teratur (sekitar 5.000 km
atau 3 bulan sekali). Karena pada mesin tersebut oli akan lebih mudah tercemar
dari hasil pembakaran melalui ring piston.
Pada
kendaraan yang hanya digunakan untuk jarak dekat (lebih banyak diparkir), seharusnya oli lebih sering
diganti, karena oli akan lebih mudah tercemar oleh bensin, kelembapan dan bahan
lain. Hal ini disebabkan temperatur kerja mesin tidak tercapai.
Mesin diesel dan mesin turbo biasanya memerlukan servis oli
dan filter lebih sering daripada mesin normal (tanpa turbo).
Tetapi akan lebih baik jika servis berkala dilakukan sekitar
tiap 10.000 km atau 6 bulan sekali (mana yang lebih dulu). Kendaraan yang sudah
lama digunakan, mempunyai servis berkala
tiap 5.000 km atau 3 bulan (mana yang lebih dulu).
Catatan : Jadual berkala tesebut di atas hanya saran saja. Ikuti buku manual
untuk mendapatkan kepastian.
Jadual
Servis yang Disarankan
Jadual servis berikut ini digunakan untuk kendaraan
bermesin di depan, dengan penggerak roda depan atau belakang dan hanya
digunakan sebagai panduan saja. Batasan jadual waktu dan jarak hanya perkiraan
dan tidak diterapkan pada semua jenis kendaraan. Gunakan jarak terpendek atau
informasi jadual yang ada untuk menentukan kapan komponen mobil harus diservis.
Jika ragu, apakah kendaraan perlu diservis atau tidak, maka sebaiknya
lakukanlah servis.
PEKERJAAN
|
Harian/
10.000
km
|
X
1000 KM
|
|||||
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
||
MESIN
1. Periksa oli mesin setiap 1000 km.
Jika kurnag, tambahkan sesuai dengan ketentuan.
|
q
|
||||||
2. Ganti oli mesin dan filter oli setiap
10.000 km/6 bulan.
Catatan
: Pada kendaraan yang dilengkapi dengan turbo atau digunakan pada medan yang
berat dan berdebu, disarankan lebih sering untuk mengganti oli mesin dan
filter oli.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
3. Jika bisa dilakukan, periksa intake
dan exhaust manifold setiap 10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
4. Periksa kerapatan intake dan exhaust
manifold setiap10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
5. Periksa intake dan exhaust manifold
dari kebocoran, dan servis setiap 10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
6. Jika bisa dilakukan, periksa pulley
crankshaft timing belt setiap 40.000 km/ 2 tahun.
|
q
|
||||||
7. Periksa kerapatan atau kerenggangan
bearing setiap 20.000 km/satu tahun dan kencangkan atau ganti bila perlu.
|
q
|
q
|
q
|
PEKERJAAN
|
Harian/
10.000
km
|
X
1000 KM
|
|||||
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
||
SISTEM PENDINGINAN
1. Periksa jumlah air pendingin dalam
reservoir tank radiator setiap hari atau 1.000 km dan tambah bila perlu.
|
|||||||
2. Periksa hose radiator, pemanas dan tutup radiator setiap 20.000 km/satu
tahun dan perbaiki atau ganti bila perlu.
|
|||||||
3. Periksa kekencangan dan kondisi sabuk
kipas atau pompa air setiap 10.000 km/6 bulan, ganti bila perlu.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
4. Kuras dan bersihkan sistem pendingin setiap 20.000 km
atau satu tahun. Tambahkan pencegah karat. Jika berada pada iklim dingin,
tambahkan campuran anti beku.
|
q
|
q
|
q
|
||||
SISTEM BAHAN BAKAR
1. Periksa dan bersihkan filter udara
setiap 10.000 km. jika pada daerah yang berdebu filter udara lebih sering
dibersihkan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Ganti filter udara setiap 40.000 km
atau lebih awal jika menemukan kerusakan dalam servis berkala.
|
q
|
||||||
3. Bersihkan atau ganti saringan bahan
bakar, sedapat mungkin setiap 40.000 km atau lebih awal jika digunakan pada
daerah yang berdebu.
|
q
|
||||||
4. Pada karburator, periksa kerja choke
valve dan perbaiki seperlunya setiap 10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
5. Pada karburator, periksa dan
sesuaikan spuyer dan setel campuran setiap 10.000 km atau 6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
6. Pada model EFI, periksa cara kerja
katup penimbang udara atau alat pengontrol spuyer setiap 20.000 km/satu
tahun.
|
q
|
q
|
q
|
||||
7. Pada model EFI, periksa kabel
penghubung EFI dan vacum hose dari kerusakan atau korosi setiap 20.000
km/satu tahun.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
8. Pada model EFI, periksa sistem
pemasukan udara dari kebocoran setiap 10.000 km atau 6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
9. Periksa dan sesuaikan kabel gas
setiap 10.000 km atau 6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
10.
Periksa
tangki, slang dan saluran bshsn bsksr dari kerusakan dan kebocoran setiap
20.000 km/satu tahun.
|
q
|
q
|
q
|
||||
KOPLING & TRANSMISI MANUAL
1. Periksa dan tambahkan minyak dalam
master scylinder kopling setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Periksa dan setel gerak bebas kopling
setiap10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
3. Periksa dan setel kekencangan kabel
kopling.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
4. Periksa transmisi dari kebocoran
setiap10.000 km/6 bulan. Perbaiki kebocoran dan jika berkurang tambahkan oli
secukupnya.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
5. Periksa jumlah oli transmisi setiap
20.000 km/satu tahun dan jika perlu tambahkan.
|
q
|
q
|
q
|
||||
6. Ganti oli transmisi setiap
40.000km/dua tahun
|
q
|
||||||
TRANSMISI OTOMATIS
1. Periksa jumlah oli transmisi setiap
10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Servis transmisi setiap 40.000 km/dua
tahun.Pada penggunaan medan yang berat, servis transmisi setiap 20.000
km/satu tahun.
|
q
|
||||||
3. Pada model penggerak roda depan, jika
pelumas as roda berbeda, ganti oli setiap 40.000 km/dua tahun.
|
q
|
q
|
q
|
||||
DRIVE SHAFT
1. Periksa karet penutup drive shaft
dari kerusakan setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
REAR AXLE
1. Periksa rear axle dari kebocoran oli
setiap 10.000 km/6 bulan. Perbaiki kebocoran dan tambahkan oli jika
diperlukan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Periksa jumlah oli rear axle roda
belakang setiap 20.000 km/satu tahun. Tambahkan oli jika perlu
|
q
|
q
|
q
|
||||
3. Ganti oli rear axle roda belakang
setiap 40.000 km/dua tahun.
|
q
|
||||||
SISTEM KEMUDI
1. Periksa gear box steering dan
sambungannya dari kerusakan dan keausan setiap 10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Periksa oli pada gear box steering
setiap 20.000 km/satu tahun dan tambah jika perlu.
|
q
|
q
|
q
|
||||
3. Periksa oli pada reservoir power steering setiap
10.000 km/6 bulan dan tambah jika perlu.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
4. Periksa gerak bebas dan kondisi sabuk
power steering setiap 10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
5. Berilah grease pada semua komponen
power steering dengan grease khusus (ATF) setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
SUSPENSI
1.
Demi
keamanan periksa komponen suspensi depan dan belakang dari kerusakan dan
keausan setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Periksa hub bearing depan dan
belakang setiap 40.000 km/dua tahun.
|
q
|
||||||
3.
Berilah
grease pada semua komponen suspensi dengan grease khusus setiap 10.000 km/6
bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
REM
1.
Periksa
minyak rem pada master cylinder tank
setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2.
Periksa
pedal rem depan dan belakang dari keausan dan kotoran setiap 10.000 km/6
bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
3. Periksa saluran hidrolik rem dari
kerusakan atau keausan terutama pada fleksibel hose rem setiap 10.000 km/6
bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
4. Periksa kanvas rem depan dan belakang
dari keausan dan kotoran setiap 20.000 km/satu tahun.
|
q
|
q
|
q
|
||||
5. Setel rem depan dan belakang dan
kabel rem tangan setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
6. Ganti minyak rem setiap 40.000 km/dua
tahun
|
q
|
||||||
SISTEM KELISTRIKAN
1. Periksa dan tambahkan air accu dengan
air suling seperlunya atau paling tidak semingggu sekali. Jangan sampai air
accu berada di bawah tanda low.
|
q
|
||||||
2. Lepas kabel accu dan bersihkan
terminal setiap 20.000 km/satu tahun
|
q
|
q
|
q
|
||||
3. Periksa fungsi lampu, klakson, wiper
dan washer setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
4. bersihkan kerak di dalam dan diluar
tutup distributor setiap 10.000 km/6 bulan
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
5. Periksa dan setel kembali celah
platina dan waktu pengapian setiap
10.000 km/6 bulan. Olesi seperlunya dengan grease khusus pada camshaft
distributor dan tambahkan sedikit oli mesin agar cepat meresap.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
6. Periksa busi dan setel gapnya tiap
10.000 km/6 bulan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
7. Ganti busi dan platina setiap 20.000
km/satu tahun
|
q
|
q
|
q
|
||||
KONTROL EMISI
1. Periksa kerja sistem kontrol emisi
setiap 20.000 km/satu tahun
|
q
|
q
|
q
|
||||
2. Periksa kondisi vacuum hose setiap
20.000 km/satu tahun
|
q
|
q
|
q
|
||||
BODI
1. Periksa dan berikan pelumas pada
komponen berikut dengan pelumas kering setiap 10.000 km/6 bulan : kunci kap
mesin, kunci pintu, dan plat pengait, kunci bagasi dan pengaitnya.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
2. Periksa dan lumasi komponen berikut
dengan beberapa tetes oli setiap 10.000 km/6 bulan : engsel kap mesin, engsel
pintu, dan engsel bagasi.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
3. Periksa dan lumasi komponen berikut
dengan oli yang sesuai setiap 10.000 km/6 bulan : kopling, transmisi, dan
saluran rem tangan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
RODA DAN BAN
1. Periksa dua minggu sekali tekanan ban
ketika roda dalam keadaan dingin. Periksa jika tekanan turun (kempes) atau
tambal jika terjadi kebocoran.
|
q
|
||||||
2. Periksalah ban dari kerusakan dan
keausan setiap 10.000 km/6 bulan. Keausan yang tidak wajar dapat disebabkan
satu atau lebih kelalaian yang ditunjukkan dalam gambar bagian Roda dan Ban
di bawah judul Pencarian Masalah Keausan Ban.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
|
3. Lakukan balancing dan spooring roda
setiap 10.000 km/sesuai kebutuhan.
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
q
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar